Bibliodrama

Bibliodrama di Indonesia

BANDUNG,INDONESIA. Pembentukan BIBLIODRAMA dimulai di Indonesia di kota Bandung yang cerah di Pulau Jawa tahun 2006.

Pembuatan Boneka Peraga tokoh Kitab Suci

Acara ini diorganisir oleh Sr. Emma Gunanto, seorang Suster Ursulin yang terlibat dalam Kerasulan Kitab Suci selama bertahun-tahun. Sebagai Koordinator Sub Regional South East Asia beliau mengorganisir pembentukan pastoral kitab suci untuk para pekerja dan mitra dari Kerasulan Kitab Suci di dalam organisasi internasional CBF (Catholic Biblical Federation). Sr. Emma membuat orang-orang di Filipina dan Asia Pasifik mengalami Bibliodrama tahun 1998, pada saat beliau mengorganisirnya bersama Komisi Keuskupan Kerasulan Kitab Suci (Episcopal Commission for the Biblical Apostolate  ((ECBA)) dari Konferensi Uskup Filipina (Catholic Bishops’ Conference of the Philippines (CBCP)) yang dipimpin oleh Uskup Crisostomo Yalung, DD. Selama sebelas tahun terakhir mengalami Bibliodrama, Kerasulan Kitab Suci di Asia Tenggara telah diperkuat oleh pembentukan pastoral kitab suci ini.


Pengenalan Diri

Pengenalan Diri

BIBLIODRAMA INDONESIA akhirnya dilahirkan seminggu yang lalu setelah 25 orang peserta berhasil lulus dari ADVANCE BIBLIODRAMA FACILITATOR’S WORKSHOP di Biara Ursulin Pusat di Bandung. Mereka yang mengikuti kursus Advance adalah lulusan dari Bibliodrama Workshop tahun 2007 dan berpartisipasi dalam Basic Bibliodrama Facilitators workshop tahun 2008. Setelah menyelesaikan kursus lanjutan fasilitator bibliodrama ini pada tanggal 9-14 November 2009, lulusannya sekarang dapat memfasilitasi Bibliodrama Workshop. Suatu tim telah dilahirkan sebagai BIBLIODRAMA INDONESIA. Kelompok ini dapat membuat rencana selanjutnya untuk pembentukan mereka dan untuk memperkenalkan Bibliodrama dalam Bahasa Indonesia.

Tarian Musim Semi

Ada dua puluh lima peserta yang datang dari berbagai paroki, sekolah, dan komunitas di Pulau Jawa. Suatu komposisi yang baik antara tiga (3) orang pria awam, sembilan  (9) wanita awam, dua belas (12) Suster Ursulin dan satu (1) orang pastur Ordo Salib Suci. Tantangan bagi tim ini sekarang adalah untuk bersama-sama berupaya untuk menyebarkan pengalaman Bibliodrama ini pada gereja-gereja lokal.

Setelah Advance Facilitators’ Workshop, Sr. Emma dan saya melanjutkannya dengan Bibliodrama Workshop (15-18 Nov) untuk kelompok yang lebih besar yang datang dari paroki-paroki, sekolah, dan komunitas yang berbeda-beda. Ada tiga puluh dua orang, terdiri dari dua belas (12) pria (2 diantaranya frater seminaris), sebelas (11) wanita, dan sembilan (9) Suster Ursulin. Kelompok ini juga merupakan kombinasi yang baik dimana orang-orang yang mempunyai komitmen, wanita dan pria dapat membentuk tim dengan para religius dan sebaliknya. Para peserta lulus sebagai komunitas baru yang mempunyai potensi menjadi anggota Bibliodrama Indonesia. ECBA dengan senang hati akan membagikan layanannya kepada mitra gereja-gereja di Asia dalam rangka tugas tanggungjawabnya untuk memotivasi Layanan Pastoral Kitab Suci. Kami  berterima kasih atas doa dan dukungan anda.

Artikel ditulis oleh: Pst. Oscar Alunday, SVD.
Foto-foto diambil oleh: Sr. Marie Louise, OSU.
Artikel Bibliodrama di Indonesia ini diambil dari website CBFSEA: http://cbfsea.wordpress.com



Bibliodrama Indonesia



Bibliodrama Title

Sebuah perjumpaan intensif dengan teks Kitab Suci yang memungkinkan peserta mengenal diri dan dunianya dengan lebih baik.

Pendekatan holistik ini menimba dayanya dari MENDENGARKAN SABDA ALLAH dengan telinga, hati, tangan dan budi. Dengan demikian sabda Allah dapat menghasilkan transformasi batin dan kesuburan rohani dengan memberi hidup dan meneruskannya kepada orang lain.

Bibliodrama Title berasal dari Eropa, dan menggunakan berbagai bentuk teater seperti tarian, vignette, drama dan latihan-latihan lain yang memungkinkan peserta berkontak dengan Sabda Tuhan.

Waktu untuk hening, refleksi dan ber-proses, memungkinkan peserta menemu-kan kekayaan Kitab Suci dengan memper-temukan teks dengan kehidupan.

Dengan sharing iman dan kehidupan serta Perayaan Sabda dalam liturgi dibangun komunitas melalui Sabda dan dirayakan kepenuhan hidup bersama orang lain.

Bibliodrama Title bergerak pada empat tingkat:
1. kognitif (pengetahuan),
2. emosional (perasaan),
3. spiritual (penyembahan)
4. sosial (aksi).

Bibliodrama bukan pertunjukan untuk ditonton orang lain, melainkan sebuah peristiwa di mana para peserta mengalami Firman secara fisik, emosional, spiritual dan sosial.

Bibliodrama di Indonesia

Bibliodrama diperkenalkan di Indonesia oleh Angela Merici Biblical Center dengan mendatangkan dua tenaga dari Filipina: Fr. Oscar Alunday SVD dan Ms Joy Candelario bulan Nopember 2007.
Basic Bibliodrama Workshop (BBW) diadakan di Bandung, Jakarta dan Surabaya.
Bulan Nopember 2008 telah diadakan Facilitators Bibliodrama Workshop (FBW) dan Basic Bibliodrama Workshop di Bandung.

Bulan Nopember 2009 telah diadakan:
Advanced Facilitators Bibliodrama Workshop
(AFBW)

Ini pelatihan untuk menjadi Fasilitator Basic Bibliodrama Workshop.
Syarat: Sudah mengikuti BBW dan FBW.
Bagi tenaga trampil yang sudah ikut BBW dan belum sempat ikut FBW, bisa meng-ikuti AFBW ini dengan menunggu kesem-patan mengikuti FBW bila diadakan lagi.
Waktu:
Senin 9 Nopember jam 15.00 sampai
Sabtu 14 Nopember jam 13.00
Tempat: Jln. Supratman 1, Bandung

Basic Bibliodrama Workshop
Syarat: Pencinta Kitab Suci dan terlibat dalam karya pastoral.
Waktu:
Minggu 15 Nopember jam 15.00
sampai Rabu 18 Nopember jam 13.00.
Tempat: Asrama Providentia
Jln. Anggrek 60, Bandung.

Penghubung: Sr. Emma Gunanto, OSU

022-7207 332

Advertisements

10 responses to “Bibliodrama

  1. Benedictus S. Tjandra

    Apa syaratnya kalau mau ikut Bibliodrama, minimal pesertanya berapa?
    Salam untuk Sr Emma dulu waktu pernas di Bogor saya jemput di RP.
    terima kasih.

    • Halo, Bp Tjandra,
      Senang ngontak lagi. Sudah berapa lama ya pernas yl. di Bogor… Untuk workshop Bibliodrama pesertanya yang ideal 25. Bisa kurang atau lebih sedikiiiiit. Kami di Bandung sudah menyelenggarakan Advance Facilitators Workshop Nopember 2009, dan pesertanya sudah bisa menyelenggarakan basic bibliodrama workshop dalam team. . Tapi belum pernah tuh. Kalau Bogor mau, jadi kelinci percobaan, hehe… Kita kontak2an dulu ya. Salam kasih Tuhan, Sr. Emma G.

  2. Selamat siang sr. Emma. Pengen sekali bisa ikut di Bibliodrama. Apakah ada info utk workshop tahun 2011 , suster ?

  3. Suster Emma, mohon infonya, apakah akan ada workshop di bulan November 2011 ini?
    Terima kasih

    Salam,
    Franziska

  4. Vincent Tjoet Tarno

    Sr. Emma yang saya kagumi, Saya membaca di majalah HIDUP edisi 2 Sept. 2012 mengenai bibliodrama. Saya amat sangat tertarik dan ingin tahu lebih banyak. Saya baca bulan November 2012 nanti ada workshop . Bagaimana persyaratan dan berapa biayanya ? Terima kasih & hormat saya :
    vincent tjoet tarno – bintaro jakarta
    e-mail : tjoetarno@yahoo.com

  5. Yth.Sr. Emma, selamat pagi, saya Yohanes Rd.Widjaja, sudah satu thn. saya selalu baca doa harian dari selebaran bulanan bcn Injil dn kali ini tertarik dg.Bibliodrama, kapan ada program yg. diadakan di Jakarta, terima kasih teriring dg salam dalam Tuhan Yesus Kristus.

  6. Salam dalam kasih Tuhan Yesus Kristus, slmt. pagi Yth. Sr. Emma, saya masih belum dengar kapan di Jkt.khususnya Jkt. Utara , ada workshop terkait dg.Bibliodrama , tks.teriring dg. salam kasih dlm Krisus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s